Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
3+ Tips Sukses Dalam Usaha Budidaya Udang Vaname

3+ Tips Sukses Dalam Usaha Budidaya Udang Vaname

Konten [Tutup]

    Tips Sukses Dalam Usaha Budidaya Udang Vaname - Sukses dalam berbisnis adalah suatu impian bagi orang-orang yang mendalami dunia bisnis tak kecuali dalam bidang budidaya. Usaha komoditas budidaya menjadi salah satu kesuksesan dalam karir berbisnis anda.

    Budidaya vaname adalah budidaya jenis udang yang mudah dalam pembudidayaannya. Saya ingat bahwa saya adalah keluarga seorang petambak juga, salah satu budidaya yang keluarga kembangkan adalah udang vaname. 

    Di daerah saya komoditas udang memang banyak yang membudidayakan, akan tetapi masih minimnya seminar-seminar dalam pembudidayaan udang vaname yang baik. Kebanyak orang-orang daerah saya belajar membudidayakan udang vaname dengan cara otodidak khususnya orang tua saya.

    Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pembudidayaan udang vaname, jika saya tulis di dalam artikel ini mungkin tidak cukup detail.

    Pilih Bibit Yang Berkualitas

    Dalam memilih bibit yang berkualitas menurut pengalaman warga daerah saya khususnya orang tua saya adalah bibit yang indukan pertama lahir. Mengapa demikian? alasan detailnya sayapun tidak jelas akan tetapi bibit dari penetasan indukan pertama lebih cepat dalam berkembangnya dan ketahanan dari berbagai serangan penyakit juga kuat. Tetangga saya bahkan tidak mau menerima jika bibit dari indukan yang kedua atau lebih.

    Pakan tradisional

    Yang membedakan antara pembudidaya udang dari daerah lain mungkin salah satunya dari racikan pakan itu sendiri. Daerah saya biasanya menggunakan campuran pakan pelet dengan campuran pakan traditional buatan petambak disini. Campuran pakan udang vaname daerah sini menggunakan pelet dicampur dengan dedak, kemudian gula tetes untuk penambah nafsu makan udang vanamenya.

    Campuran pakan udang vaname diatas berfungsi sebagai rangsangan nafsu makan udang itu sendiri dan penekanan modal yang dikeluarkan dari pakan udang vaname. Hasilnya pun tidak mengecewakan dari pakan campuran diatas.

    Paham tentang Cuaca

    Jika anda pembudidaya dengan media tambak atau tanah pastinya anda harus tau bagaimana kondisi cuaca yang baik bagi udang vaname. Bagian ini merupakan salah satu yang terpenting suksesnya budidaya vaname anda. Anda harus bisa melihat kondisi cuaca beserta cara menanggulangi ketika cuaca tidak baik bagi udang vanaminya.

    Semisal jika cuaca dingin atau hujan otomatis airnya pun ikut dingin. Jika air itu terlalu dingin bagi udang vaname maka bisa-bisa udang vaname bisa banyak yang mati karena cuaca dingin. Salah satu cara untuk menanggulangi masalah diatas adalah dengan menyirami garam kedalam airnya supaya air akan menjadi lebih hangat dan tidak terjadi mati mendadak.

    Pengisian Bibit Yang Tepat

    Yang dimaksud pada poin ke empat ini adalah pengisian bibit dari lahan yang anda siapkan. Biasanya hitungan pengisian bibit udang vaname dengan luas 1 hektar persegi yaitu jumlah bibit sekitar 25 rean sampai 30 rean/(rean=hitungan petani tambak). Hal ini bisa memberikan nilai optimal dalam pemanenan udang vaname. Jika pengisian terlalu berlebihan akan berdampak pada pertumbuhan udang sendiri jika kurang maka hasil yang didapatkan kurang.

    Sebetulnya masih banyak hal yang harus diperhatikan dalam budidaya udang vaname akan tetapi jika anda serius ingin membudidayakan udang vaname lambat laun anda akan mengerti masalah-masalah dalam pembudidayan udang vanami dan cara mengatasi masalah tersebut yang penting semangat dalam usaha dan bisnis.